Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BNI 46 telah membangun pondasi yang kuat dalam ekonomi Indonesia melalui layanan perbankan dan keuangan. Bank BNI 46 memiliki sejumlah besar usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai pelanggan jangka panjang yang menjadi bagian penting dari pertumbuhan BNI dalam 2 dekade terakhir.
Salah satu program BNI untuk mempercepat pemahaman bisnis yang kuat di kalangan masyarakat lokal adalah pendirian Rumah Kreatif, sebuah Pusat bagi UKM untuk mempromosikan produk mereka dan kemudian memasarkannya ke pasar yang lebih luas, baik nasional maupun internasional. Selain itu, BNI juga telah membina dan mengembangkan pelaku UKM lokal untuk menciptakan dan mempromosikan produk potensial yang dibutuhkan oleh konsumen dan pelanggan.
Karena perubahan dalam lanskap pasar, dengan persaingan yang lebih besar datang dari e-Commerce, saat ini mereka menghadapi tantangan besar untuk menjaga keberlanjutan Rumah Kreatif. BNI mengundang Innovesia untuk proyek konsultasi dengan tujuan merancang dan membangun peta jalan strategis dan blue print untuk Rumah Kreatif BNI agar dapat masuk ke pasar yang lebih luas melalui e-Commerce dan digitalisasi. Tugas ini saat ini dilakukan di bawah divisi perbankan konsumer dan perbankan digital BNI, dan bekerja sama dengan Innovesia untuk membangun blue print.
Untuk memahami situasi pasar saat ini dan mendapatkan wawasan dari pelaku UKM Rumah Kreatif, Innovesia mengadakan workshop Design Thinking di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sleman.