memiliki pengalaman yang luar biasa dalam rangkaian workshop design thinking dengan Perusahan Gas Negara (). Workshop ini bertujuan untuk menemukan akar penyebab inovasi yang akurat. Workshop ini terdiri dari tiga seri yang dilaksanakan pada hari Senin hingga Selasa, 6-7 Agustus 2018, di Harris fX Sudirman, Jakarta.
Sebanyak 28 peserta yang berasal dari berbagai fungsi atau unit bisnis mengikuti workshop ini. Mereka dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok menghasilkan prototype yang mereka buat secara kolaboratif.
Selama seri workshop pertama, setiap kelompok harus melakukan immersion lapangan. Kelompok-kelompok tersebut pergi ke beberapa tempat sesuai dengan pelanggan target mereka dan melakukan wawancara dengan profil pelanggan yang dituju. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain hotel, restoran, manajemen gedung, dan tim internal mereka sendiri.
Seri workshop kedua kemudian diselenggarakan pada 13-14 Agustus 2018, di Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Secara total, ada 34 peserta yang berasal dari unit bisnis atau anak perusahaan yang berbeda.
Selain melakukan immersion di lapangan, kelompok-kelompok harus membuat prototipe mereka yang akan dipresentasikan di depan peserta lainnya dan para juri. Prototype yang dibuat oleh kelompok-kelompok tersebut harus didasarkan pada masalah atau isu yang dialami oleh pelanggan mereka dan mencerminkan pekerjaan yang harus dilakukan oleh pelanggan tersebut, yang telah diidentifikasi pada sesi sebelumnya.
Terakhir, seri workshop ketiga dilaksanakan pada 20-21 Agustus 2018, di Grand Mercure Harmoni, Jakarta. Seri workshop ketiga ini diikuti oleh peserta terbanyak dan mereka sangat antusias dalam mengikuti tahapan-tahapan workshop.
Sesi yang paling dinanti oleh peserta adalah saat mereka menyajikan solusi mereka di tahap akhir workshop melalui metodologi storytelling dalam format peran.
Seri workshop ini juga merupakan persiapan bagi karyawan internal PGN menjelang Penganugerahan Inovasi tahunan mereka. Dengan demikian, karyawan akan siap untuk menghasilkan ide yang lebih berorientasi pada pelanggan mereka. Penganugerahan Inovasi itu sendiri biasanya dilaksanakan pada bulan September.