Innovesia bersama Asosiasi Dosen Indonesia bermitra dalam pelaksanaan Innovesia Webinar Series: Teaching in Digital Era. Pada Webinar pertama ini menghadirkan secara langsung Gita Gayatri Ph.D yang merupakan Dosen Department of Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sejak tahun 2012 hingga saat ini beliau kerap mendampingi suami yang bertugas sebagai Diplomat untuk pindah di beberapa negara sehingga membuka peluang untuk melakukan sandwich-teaching, gabungan antara online dan tatap muka pada kelas-kelas yang diampu. Pada periode lockdown akibat pandemi COVID-19, pengalaman mengajar jarak jauh (PJJ) kembali dipergunakan dan terasah karena terbiasa menggunakannya selama ini.
Seperti yang diketahui bahwa selama pandemi COVID-19, banyak hal yang berubah, termasuk cara mengajar dan belajar. Hal ini menjadi tantangan bagi para guru yang dituntut untuk tidak hanya dapat mengajar dan mengelola kegiatan kelas secara efektif, tetapi juga untuk dapat membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah dengan penggunaan teknologi yang tepat dan pola pikir digital dapat meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dan profesionalisme guru. Webinar Teaching in the Digital Era pada 28 Mei 2020 yang dimoderatori oleh Mia Astari selaku VP of Corporate Innovation berlangsung dari pukul 13.00 sampai pukul 14.45 telah diikuti oleh 393 peserta dari kalangan guru, dosen dan juga umum dari berbagai kota di Indonesia. Pada webinar ini Ibu Gita Gayatri membagikan tips dan tricks untuk para guru dalam menyiapkan mental pengajaran secara online yang tentunya sudah berbeda dengan sesi tatap muka seperti biasa, persiapan materi, online tools yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan dosen. Oleh karena itu, kondisi new normal ini harus segera dipahami dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi pengajaran masing-masing guru. Setiap kelas punya keseimbangannya masing-masing, sehingga bapak dan ibu guru kelasnya yang paling paham atas keseimbangan tersebut. Penting bagi dosen dan guru untuk menikmati prosesnya, jaga mood yang positif serta jaga komunikasi dengan siswanya. Dosen dan guru juga dapat mengikuti grup (chat) mahasiswa yang ada di kelasnya untuk sekali-sekali menyapa kabar, atau juga memastikan mereka membaca materi sebelum kelas sebagai alat bantu optimalisasi sesi pengajaran. Tidak terlepas juga dosen dan guru juga harus menjaga konsistensi pengajaran. Dalam kesempatan ini ada banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh peserta melalui fitur Q&A pada aplikasi Zoom yang dipakai sebagai platform webinar ini. Beberapa pertanyaan yang paling menarik adalah tentang menangani siswa yang banyak alasan, bagaimana trik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, pengukuran hasil belajar siswa “bagaimana kita yakin bahwa itu hasil murid, bukan hasil dari orang lain (jawaban dari orang tua, atau guru lesnya). |