Digitalisasi tak hanya menuntut bisnis untuk cepat beradaptasi dengan perubahan lanskap industri, tapi juga menghadirkan cara baru dalam berbisnis. Kehadiran internet misalnya telah memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan beragam keterampilan dan keahlian banyak orang di luar perusahaan tanpa menimbulkan biaya yang besar, inilah yang disebut dengan crowdsourcing.
crowdsourcing.
Dilihat dari definisinya, crowdsourcing merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk menghimpun banyak orang demi mencapai suatu tujuan. Melalui crowdsourcing, perusahaan dapat memanfaatkan pengetahuan dan perilaku orang lain untuk menawarkan sejumlah keuntungan. Dengan internet, orang-orang ini tidak hanya terbatas pada suatu demografi saja tapi juga di seluruh dunia.
crowdsourcing
crowdsourcing,
Salah satu contoh penerapan crowdsourcing terkemuka adalah Wikipedia. Siapa yang tak kenal Wikipedia, ketika mencari suatu informasi secara daring, Wikipedia menjadi ensiklopedia online yang langsung direkomendasikan mesin pencari atau search engine. Faktanya, Wikipedia bekerja dengan pendekatan crowdsourcing dengan membuka akses bagi siapa saja untuk menyunting atau menulis suatu informasi.
crowdsourcing
online
search engine.
crowdsourcing
Begitu juga dengan aplikasi penyedia informasi lalu lintas, Waze, yang mendorong pengemudi untuk melaporkan sendiri kecelakaan dan insiden jalan raya lainnya untuk memberikan informasi real-time yang diperbarui kepada pengguna aplikasi lainnya. Dalam hal ini, crowdsourcing melibatkan perolehan pekerjaan, informasi, atau opini dari sekelompok besar orang yang mengirimkan data mereka melalui Internet.
real-time
crowdsourcing
Namun, crowdsourcing juga bisa menjadi salah satu pendekatan inovasi yang menguntungkan bagi bisnis. Melalui crowdsourcing, perusahaan dapat memperoleh layanan, ide atau konten yang dibutuhkan dari masyarakat umum.
crowdsourcing
crowdsourcing,
Crowdsourcing Sebagai Pendekatan dalam Berinovasi
Crowdsourcing
Crowdsourcing
Sebagai Pendekatan dalam Berinovasi
Dalam konteks inovasi, crowdsourcing merupakan jenis open innovation atau inovasi terbuka yang memungkinkan perusahaan menggunakan sumber daya dari luar untuk memunculkan ide-ide baru.
crowdsourcing
open innovation
Pendekatan crowdsourcing kian populer dalam beberapa tahun terakhir karena membantu bisnis memanfaatkan orang-orang dengan keterampilan atau pemikiran berbeda seraya menghemat waktu dan biaya. Crowdsourcing menawarkan berbagai perspektif yang membantu perusahaan memecahkan masalah dengan lebih baik.
crowdsourcing
Crowdsourcing
Banyak bisnis dan organisasi telah mengadopsi pendekatan crowdsourcing untuk mengumpulkan ide karena memungkinkan mereka mendapatkan sumber daya yang lebih luas dan beragam daripada hanya menggantungkannya pada karyawan internal perusahaan. Karena melalui crowdsourcing, perusahaan dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat sambil memastikan bahwa bisnis memperoleh ide atau solusi dari berbagai latar belakang budaya dan sosial ekonomi.
crowdsourcing
crowdsourcing
Dengan kata lain, crowdsourcing memungkinkan perusahaan dapat mencari ide atau solusi terbaik, bahkan yang tak terpikirkan sebelumnya. Seringkali, crowdsourcing yang berorientasi pada konsumen juga mampu menciptakan lebih banyak keterlibatan atau loyalitas konsumen.
crowdsourcing
crowdsourcing
Dari beragam jenis crowdsourcing, crowd contest bisa dibilang lebih populer. Crowd contest sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan kompetisi inovasi. Melalui crowd contest, perusahaan dapat memungkinkan masyarakat luas untuk membuat atau mendesain sesuatu.
crowdsourcing, crowd contest
Crowd contest
crowd contest,
Netflix misalnya, raksasa layanan streaming asal Amerika Serikat itu pernah menyelenggarakan crowd contest bertajuk Netflix Prize. Pada 2006, Netflix membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menciptakan algoritma rekomendasi tontonan yang lebih baik dan efektif dari algoritma yang dikenakan Netflix saat itu. Kompetisi yang berlangsung selama tiga tahun itu diikuti 40.000 tim dari hampir 190 negara.
streaming
crowd contest
Jauh sebelum itu, perusahaan pertambangan Goldcorp juga pernah menyelenggarakan crowd contest. Pada tahun 2000, perusahaan tambang emas Kanada itu menemukan potensi emas sebanyak 30 kali dari yang biasa diproduksi Goldcorp dalam setahun. Namun, perusahaan tidak dapat menentukan di mana harus mulai mencari emas tersebut. Pada satu sisi, setiap proses eksplorasi cenderung memakan waktu dan biaya.
crowd contest.
Sang CEO, Rob McEwen lantas memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berani. Ia memutuskan untuk melakukan crowd contest dengan menerbitkan seluruh data geologi Goldcorp. Dengan hadiah uang tunai sebesar CAD 575.000 (sekitar Rp3,6 miliar, kurs tahun 2000), McEwen menantang para ahli dari seluruh dunia untuk mencoba menemukan lokasi pasti emas tersebut.
crowd contest
crowd contest
Keuntungan Crowdsourcing dalam Meningkatkan Awareness Perusahaan
Keuntungan
Crowdsourcing
Crowdsourcing
dalam Meningkatkan
Awareness
Awareness
Perusahaan
Selain mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi, crowdsourcing dapat membantu bisnis memperkuat hubungan antara perusahaan dan konsumen. Pasalnya, pendekatan inovasi ini juga merupakan salah satu alat pemasaran paling cerdas yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia. Menurut Trendhunter, crowdsourcing dapat menjadi sarana memasarkan nama perusahaan mereka ke khalayak luas dan melibatkan mereka dengan cara yang menyenangkan.
crowdsourcing
crowdsourcing
Pada sisi lain, crowdsourcing juga menguntungkan peserta. Tak hanya soal hadiah yang bisa diperoleh, peserta juga bisa menjadikan crowdsourcing sebagai batu loncatan yang ideal bagi talenta muda yang ingin mengembangkan solusi dalam bidang yang diminatinya.
crowdsourcing
crowdsourcing
Beberapa perusahaan memilih crowdsourcing sebagai bentuk pendekatan sosial dengan mengasosiasikan perusahaan mereka dengan tujuan mulia, di mana hadiah yang diberikan lebih bermakna dari sekedar uang tunai. Kompetisi Radically Porsche misalnya, memberikan kesempatan kepada desainer dari seluruh dunia untuk merancang sisi luar Porsche Cayman. Alih-alih memberikan uang tunai, kompetisi yang diikuti 1.153 peserta itu menghadiahkan beasiswa untuk program magister di Scuola Politecnica di Design di Milan, Italia.
crowdsourcing
Penerapan Crowdsourcing di Indonesia
Penerapan
Crowdsourcing
Crowdsourcing
di Indonesia
Pada 2019, Telkomsel menyelenggarakan kompetisi bernama Inovasi Industrial IoT bersama Telkomsel 2019 atau InnOvaTe 2019 untuk menemukan solusi terbaik atas permasalahan, yang meliputi unsur pemantauan indikator keselamatan kerja serta efisiensi energi dan optimalisasi produktivitas jalur produksi dengan mengadopsi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) Telkomsel.
basics
Narrowband Internet of Things
Adapun teknologi NB-IoT tersebut merupakan teknologi telekomunikasi yang dirancang secara khusus sehingga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif dengan penggunaan daya yang efisien.
Dalam pelaksanaannya, Telkomsel mempercayai Innovesia, sebuah perusahaan konsultasi yang berfokus pada inovasi, sebagai penasihat untuk menjalankan InnOvaTe 2019.
Pada kolaborasi ini, Innovesia membantu para peserta menerapkan pola pikir design thinking dalam proses berinovasi terkait tantangan yang diberikan selama kompetisi. Dengan bimbingan sejumlah fasilitator, setiap peserta dibantu untuk mematangkan ide inovasi IoT mereka agar sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan terkini di sektor industri telekomunikasi.
design thinking
Pada acara puncak Hack Day yang berlangsung 23-24 Juli 2019 di Jakarta, 37 tim yang terpilih selama roadshow ditantang untuk menghadirkan solusi IoT di bidang perindustrian dalam waktu 24 jam.
Hack Day
roadshow
Setelah melalui serangkaian roadshow dan hack day yang terdiri dari workshop, sesi tanya jawab dan pengembangan prototype, dan penilaian dewan juri, terpilih tiga kelompok pemenang Telkomsel InnOvaTe 2019. Mereka adalah Manpro.id, Tuni dan Traffobit.
roadshow
hack day
workshop,
prototype,
Manpro.id dipilih karena fokus menawarkan solusi pada penyediaan layanan project management software, dengan memanfaatkan IoT untuk efisiensi kebutuhan operasional alat produksi alat-alat berat melalui pencatatan waktu/timesheet operator yang dilakukan secara real-time.
project management software
timesheet
real-time.
Selanjutnya, Tuni mengadopsi NB-IoT dengan menghadirkan solusi untuk memonitor kondisi lingkungan sehingga dapat mengurangi resiko kerugian produksi saat proses pembakaran pada industri tambang batu bara. Sedangkan Traffobit memanfaatkan teknologi NB-IoT untuk memonitor dan menganalisa parameter energi pada trafo distribusi listrik agar dapat mendeteksi kondisi abnormal dan maksimalisasi efisiensi daya.
Tiga kelompok pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dana pengembangan dan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi Telkomsel Innovation Center (TINC). Di sana, ketiga tim dapat mengakselerasi perkembangan bisnis dari solusi yang telah diciptakan, termasuk pemanfaatan fasilitas IoT Lab Telkomsel.
Selain Innovesia, InnOvate 2019 juga berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian, Asosiasi IoT Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Makedonia, serta didukung oleh IoT Innova Lab, InnoXtion, dan Connectinc.
Tidak hanya itu, Innovesia turut dipercaya sebagai mitra bagi UNICEF dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam crowdsourcing bertajuk “Youth for Health Innovation Challenge”. Diadakan di Bandung dan Banda Aceh pada 2022, Youth for Health Innovation Challenge mengundang remaja usia 10 sampai dengan 19 tahun untuk mengatasi tantangan kesehatan di masa depan, termasuk faktor risiko penyakit tidak menular akibat kesehatan mental, bahaya merokok dan polusi udara yang berdampak pada perubahan iklim.
crowdsourcing
Dalam program tersebut, remaja yang berpartisipasi diberikan tantangan untuk menemukan cara yang inovatif dengan menyuarakan ide, pemikiran, dan aspirasi mereka dalam mengatasi tantangan kesehatan di masa depan yang muncul. Youth for Health Innovation Challenge juga membekali para remaja dengan pengetahuan kontekstual, keterampilan abad ke-21, dan proses merancang ide-ide inovatif mereka menjadi keluaran yang dapat ditransfer ke komunitas mereka masing-masing.