Menentukan Metrik untuk Mengukur ROI Design Thinking Bagi Pemula

Tidak ada keraguan bahwa design thinking mampu menghasilkan manfaat yang signifikan bagi bisnis, mengingat pendekatan ini berpusat pada pelanggan sehingga mengarah pada penciptaan produk dan layanan yang lebih baik. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara kita mengukur hasil design thinking?

design thinking
design thinking?

Sebenarnya, ada dua kerangka pengukuran laba atas investasi atau Return of Investment (ROI) design thinking, yakni pengukuran berorientasi eksekusi dan kreativitas. 

Return of Investment
design thinking,

Meneliti lebih dari 400 praktisi design thinking, sekelompok peneliti dari Hasso Plattner Institute of Design Thinking berhasil merumuskan beberapa aspek untuk mengukur ROI pemikiran desain mulai dari mengumpulkan umpan balik pelanggan hingga mengukur penjualan dan efisiensi tim, yang sebagian besar didasarkan pada metrik berorientasi eksekusi.

design thinking,

Kerangka pengukuran ROI itu mencakup beberapa metrik seperti hasil pelatihan yang mengukur jumlah orang yang dilatih di dalam organisasi, lalu hasil proyek yang dilihat dari jumlah proyek yang menggunakan design thinking, jumlah ide yang dihasilkan, jumlah konsep yang diuji, hingga peningkatan penjualan atau pengurangan biaya per proyek.

design thinking,

Sementara itu, kerangka kerja lain yang dikembangkan oleh Bernard Roth dan Adam Royalty menyarankan, untuk berfokus pada pengukuran tiga jenis perilaku kreatif, yakni empati, atau novelty, dan pengulangan atau iterasi. Hal ini disebut Roth dan Royalty bertujuan untuk memahami pelanggan, melindungi pangsa bisnis dari gangguan, serta mengembangkan metode yang lebih inovatif dan dinamika tim.

novelty

Namun, perlu dicatat bahwa tidak ada metrik yang mutlak untuk setiap produk. Dengan kata lain, metrik yang benar selalu bergantung pada tujuan bisnis dan visi produk, sehingga penting untuk memilih metrik yang selaras dengan definisi kesuksesan ketika menerapkan design thinking.

design thinking.

Berikut tiga langkah mudah dalam menentukan matrik untuk mengukur ROI bagi mereka yang baru pertama kali menerapkan pendekatan design thinking:

design thinking:

1. Merumuskan tujuan design thinking

1. Merumuskan tujuan design thinking
go to this web-site
design thinking

Tugas pertama yang harus dilakukan untuk menetapkan metrik ROI adalah mengidentifikasi jenis proyek apa yang coba perusahaan terapkan dengan pendekatan design thinking. Apakah pengembangan produk, penjualan, atau sumber daya manusia (SDM)? 

design thinking.

Penting juga untuk mempertimbangkan apakah pendekatan design thinking digunakan untuk proyek baru misalnya menciptakan produk atau fitur baru, atau untuk meningkatkan yang sudah ada.

design thinking

Pengetahuan ini akan membantu kita menentukan campuran metrik ROI apa saja yang perlu kita fokuskan atau ukur dan strategi mengumpulkan data yang diperlukan untuk proses pengukuran ROI.

2. Tentukan arti sukses

2. Tentukan arti sukses

Design thinking adalah pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan dalam sejumlah usaha sehingga penting untuk meluangkan waktu untuk menentukan arti kesuksesan yang hendak dicapai melalui pendekatan ini.

Design thinking

Ada beberapa cara untuk mendefinisikan kesuksesan. Kita dapat memilih untuk fokus pada hasil dari proses design thinking, atau pada perjalanan itu sendiri. kita mungkin juga ingin mempertimbangkan bagaimana pendekatan itu membantu memecahkan masalah dan menciptakan peluang baru.

design thinking

Dengan meluangkan waktu untuk mendefinisikan apa arti kesuksesan, kita dapat membuat metrik kesuksesan yang secara akurat mencerminkan tujuan. Jika tidak, kita berisiko mengukur pemikiran desain dengan cara yang tidak benar-benar menangkap nilainya.

3. Make It simple

3. Make It simple
Make It simple

Walau klise, membuat membuat metrik tetap sederhana akan membuatnya lebih mudah dilacak. Mengingat design thinking memiliki beragam aplikasi, kita juga dapat menentukan metrik berdasarkan tahapan design thinking.

design thinking
design thinking.

Awasi metrik yang paling penting dan tujuan, kemudian lacak metrik tersebut secara teratur. Ini akan membantu pendekatan design thinking berada di jalur dan membuat kemajuan terbesar untuk mencapai tujuan tersebut.

design thinking

Saat kita mengumpulkan lebih banyak data dan menjadi lebih berpengalaman dalam mengukur ROI design thinking, kita dapat mulai melakukan penyesuaian untuk meningkatkan kerangka kerja Anda dan mengidentifikasi metrik apa yang harus dipilih.

design thinking

Mengumpulkan dan Menganalisis Data

Mengumpulkan dan Menganalisis Data

Setelah kita menentukan kesuksesan dan memutuskan metrik mana yang ingin Anda lacak, ada proses 3 langkah sederhana untuk benar-benar mengukur ROI design thinking. Pertama, kumpulkan data sebelum, selama, dan setelah proyek design thinking. Kedua, lacak kemajuan kita dan analisis hasil kita. Terakhir, lakukan perubahan seperlunya agar tetap berada di jalur yang benar sesuai tujuan.

design thinking.
design thinking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • All Post
  • Design Thinking
  • Edukasi
  • Eksklusif
  • Gaya Hidup
  • Innovation
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Open Innovation
  • Otomotif
  • Pemerintahan
  • Pertambangan
  • Teknologi
  • Uncategorized
  • Workshop

Investing in Innovation

Everyone can innovate, including you. We help people and organizations to innovate in the era of Industrial Revolution 4.0

building

Design Thinking

Newsletter

About Us

PT Investasi Inovasi Indonesia

innovesia.co.id

designthinking.id

Business Address:

Equity Tower, 35th Floor, SCBD Lot 9

Jl. Jendral Sudirman, Kav 52-53, Jakarta 12910

P: +62 21 2939 8903