Banyak bisnis terkenal karena alasan berbeda, mulai dari produknya yang laris, layanannya yang menakjubkan, loyalitas pelanggan yang kuat, atau bahkan kampanye iklan yang membekas. Namun yang jelas, mereka semua memiliki faktor keberhasilan yang sama, yakni inovasi.
Inovasi telah dikenal luas sebagai ‘seperangkat alat’ yang membantu para pemimpin bisnis untuk mempertahankan dan tetap relevan dalam lingkungan bisnis. Lanskap kompetitif saat ini sangat bergantung pada inovasi.
Amazon misalnya, perusahaan yang dirintis Jeff Bezos itu berhasil memanfaatkan inovasi di bidang teknologi untuk menciptakan model bisnis yang sama sekali baru. Begitu juga Netflix, layanan streaming yang awalnya menawarkan layanan pengiriman DVD sewaan untuk menargetkan pelanggan yang tidak tertarik menonton film terbaru itu, berhasil meraih keunggulan kompetitif dengan beralih ke layanan streaming yang menyediakan segala jenis film dan serial.
streaming
Di tengah industri yang penuh dengan ketidakpastian dan kompleksitas ini, sangat penting untuk menciptakan model operasi yang mendorong inovasi dan produktivitas. Sebuah bisnis bahkan diyakini tidak akan dapat mempertahankan keunggulan kompetitif jika tidak memasukan inovasi sebagai bagian dari strategi bisnis secara keseluruhan.
Tapi, apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan inovasi dan mengapa ia sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis?
Pengertian Inovasi
Pengertian Inovasi
Inovasi mengacu pada memperkenalkan kebaruan dalam produk, layanan, strategi, atau model bisnis. Secara definisi, inovasi merupakan seperangkat proses yang dilakukan individu atau organisasi untuk membuat konsep produk, proses, dan ide baru, atau untuk mendekati produk, proses, dan ide yang ada dengan cara baru.
Dengan kata lain, tidak semua ide kreatif selalu mengarah pada inovasi karena itu tidak selalu menghasilkan solusi yang layak untuk masalah.
Sederhananya inovasi adalah produk, layanan, model bisnis, atau strategi yang baru dan berguna. Inovasi tidak harus berupa terobosan besar dalam teknologi atau model bisnis baru, tetapi bisa sesederhana peningkatan layanan pelanggan perusahaan atau fitur yang ditambahkan ke produk yang sudah ada.
Mengapa Inovasi Penting Bagi Kesuksesan Bisnis?
Mengapa Inovasi Penting Bagi Kesuksesan Bisnis?
Ungkapan “beradaptasi atau mati” seakan telah menjadi slogan yang tepat dalam dunia bisnis saat ini. Kemajuan teknologi besar-besaran dalam dekade terakhir telah memaksa bisnis untuk terus beradaptasi dan berkembang dari sebelumnya.
Kabar baiknya, perkembangan teknologi turut membawa banyak peluang baru bagi bisnis. Sebuah studi Northeastern University mencatat hampir separuh orang Amerika setuju bahwa pertumbuhan teknologi telah menjadi peningkatan terbesar dalam hidup mereka.
Northeastern University
Sebagai hasilnya, perusahaan yang merangkul inovasi memiliki keuntungan yang cukup besar dalam memenuhi permintaan pelanggan mereka. Dengan kata lain, bisnis tidak akan mampu bertahan jika mereka tidak merangkul inovasi dan perubahan.
Di tengah kemajuan bisnis dan industri yang tidak bisa dihindari, inovasi dapat membantu perusahaan tetap berada di depan kompetisi dan sekaligus mengembangkan perusahaan dalam prosesnya. Berikut adalah tiga alasan mengapa inovasi sangat penting untuk bisnis:
1. Membantu perusahaan tumbuh
1. Membantu perusahaan tumbuh
Bukan lagi rahasia apabila stagnasi bisa sangat merugikan bisnis, dan untuk menghadapi ini, inovasi menawarkan peluang untuk meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga mampu tetap bertahan di dunia yang sangat kompetitif saat ini.
Inovasi menghadirkan ide-ide baru kepada para pemimpin bisnis untuk meningkatkan efisiensi dengan sumber daya minimum, serta mengurangi bisnis dan risiko lainnya. Meskipun proses inovasi membutuhkan banyak usaha karena membuat perusahaan memikirkan kembali produk atau model bisnis secara menyeluruh, hal ini dapat mengarah pada perluasan yang memungkinkan untuk meningkatkan skala bisnis dengan cepat.
The Boston Consulting Group,
Selain itu, The Boston Consulting Group, mencatat bahwa organisasi yang secara konsisten mendapatkan peringkat tinggi dalam “50 perusahaan paling inovatif” tahunan semuanya terus berkembang selangkah lebih maju dari kompetitor mereka karena senantiasa menghargai dampak positif dari inovasi.
The Boston Consulting Group,
Berpikir inovatif juga dapat membantu manajer dan eksekutif mengembangkan kampanye pemasaran yang unik untuk membantu meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan, dan tentunya memberi perusahaan keunggulan kompetitif.
2. Membantu bisnis membedakan dirinya
2. Membantu bisnis membedakan dirinya
Didorong oleh keinginan untuk menghadirkan produk terbaik, inovasi memungkinkan perusahaan membuat versi yang lebih baik dari apa yang sudah dimilikinya. Inovasi mendorong perusahaan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu yang berbeda dari orang lain yang beroperasi di bidang yang sama dengan bisnis kita. Ini tentu akan membuat bisnis menjadi sangat kuat dalam industri atau pasar yang terlalu jenuh.
Ketika berinovasi untuk mengembangkan atau memperbarui produk, perusahaan akan mampu menghasilkan produk atau layanan yang lebih canggih atau bahkan sama sekali baru dan membuat kompetitor tertinggal. Inovasi sejenis ini diyakini mampu menjadi semacam disrupsi bagi industri yang telah ada.
Meskipun inovasi harus berfokus pada pelanggan, berinovasi dengan mengutamakan keunikan dan dengan cara yang berbeda dari orang lain, juga dapat menjadi elemen yang mampu menonjolkan identitas brand dan strategi bisnis.
brand
3. Memecahkan masalah bisnis yang kompleks
3. Memecahkan masalah bisnis yang kompleks
Tak ada bisnis yang tumbuh tanpa masalah. Ketidakpastian dan situasi bisnis yang kompleks yang dipicu oleh pandemi Covid-19 saat ini juga dapat memperburuk keadaan bisnis.
Hanya dengan menguasai siklus manajemen produk tidak dapat membantu manajer atau eksekutif dalam memecahkan masalah bisnis yang rumit. Atas dasar itu, setiap bisnis perlu menyelesaikan masalah bisnis yang kompleks secara bijaksana dan efektif, sangat penting untuk menggunakan ide-ide inovatif.
Melansir laman Emiritus, bisnis harus menggunakan sumber eksternal seperti data, riset, observasi dan juga internal untuk mengembangkan ide-ide inovatif untuk memecahkan masalah bisnis yang kompleks.
Emiritus,
4. Mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan
4. Mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan
Inovasi memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk menemukan cara-cara baru dalam meningkatkan pekerjaan mereka dan meningkatkan produktivitas.
Produktivitas sendiri sangat penting bagi bisnis karena ini membantu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan menemukan solusi baru atau menemukan cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu tanpa menghabiskan sumber daya. Sekaligus memberi keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain yang terjebak dalam sistem mereka yang kian tertinggal.