“Ketika Anda memahami orang-orang yang ingin Anda jangkau, dan kemudian merancang dari perspektif mereka, tidak hanya Anda akan menemukan jawaban yang tak terduga, tetapi Anda juga akan menghasilkan ide-ide yang mereka akan terima dengan baik.” – IDEO, Panduan Lapangan untuk Desain Berpusat pada Manusia.
Desain berpusat pada manusia adalah suatu proses pemecahan masalah yang berfokus pada kebutuhan manusia terlebih dahulu, dan mengadopsi pendekatan kreatif dan iteratif untuk menemukan solusi-solusi baru terhadap kebutuhan tersebut. Proses ini dibangun berdasarkan pemikiran dan tindakan yang sesuai untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pelanggan kita dan tantangan-tantangan yang mereka hadapi. Rasa ingin tahu dan empati adalah dasar dari desain berpusat pada manusia. Dengan desain berpusat pada manusia, kita akan didorong untuk mengajukan pertanyaan dan mencari pandangan baru dari orang-orang baru. Dengan demikian, ini dapat membantu perusahaan dan organisasi terhubung dengan lebih baik dengan orang-orang yang dilayani: Mendefinisikan masalah dengan jelas Membantu meningkatkan kecepatan dan efektivitas dalam menciptakan solusi-solusi baru |