Cara untuk Tetap Kreatif dan Adaptif di Situasi yang Terbatas

enter the giveaway now

enter

Saat ini kita tengah dihadapi oleh tantangan global yang memberikan dampak besar kepada bisnis kita secara positif atau negatif. Peran seorang praktisi PR menjadi sangat krusial untuk mengkomunikasikan strategi bisnis dalam era New Normal untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis atau organisasi kita. Pada sesi ini Anda akan belajar bagaimana praktisi PR melihat atau mengambil peluang untuk berinovasi di era New Normal.

Pada webinar Innovate your Public Relations Strategy in the New Normal menghadirkan Ria Ariyanie selaku Co-Founder & CEO Talk Link. Berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang Public Relation, dimulai dari tahun 1998 di Advertising Agency, tahun 2000 sebagai PR di industri perhotelan, dan pada tahun 2004 Ria bergabung dengan Leo Burnett selama 5 tahun dan melanjutkan langkahnya ke DDB Indonesia selama 1,5 tahun. Selain memiliki beberapa entitas bisnis, Ria juga mengajar dan memfasilitasi beberapa mata pelajaran seperti Hubungan Masyarakat, Komunikasi, Bisnis dan Design Thinking. Beberapa startup juga telah dibimbing dan diinkubasi olehnya.

Ibu Ria Ariyanie merupakan salah satu dari 10 Pengusaha Muda Wanita Inspiratif Terbaik Indonesia oleh Top 10 Asia Award pada 2015, dan Indonesia Woman Leaders of Woman Leadership Award by CMO Asia pada tahun 2017. Saat ini Ria terus memperkuat kewirausahaannya hingga sekarang.

Innovate your Public Relations Strategy dimoderatori oleh Rifan Sevila selaku Business Development Group Head di perusahaan platform influencer marketing, Allstars Indonesia. Sebelumnya, Rifan memiliki pengalaman dalam bidang public relations dan business innovation. Beliau juga tergabung di dalam komunitas yang berfokus pada teman disabilitas yaitu, Pandulisane.

Webinar ini berlangsung dari pukul 14.00 sampai pukul 15.15 telah diikuti oleh 58 peserta dari kalangan praktisi PR, profesional, NGO, akademisi, penggiat UKM, startup dan juga umum dari berbagai kota di Indonesia. Dalam webinar ini, ibu Ria memaparkan bahwa ada 3 tahap utama dalam menyusun strategi komunikasi Public Relations di era new normal. Pertama, riset dan analisa situasinya saat ini. Kedua, olah hasil riset dan analisa tersebut menjadi insight untuk disesuaikan dengan perusahaan dan kebutuhan. Ketiga, terapkan langkah yang tepat dalam mengaplikasikan strategi komunikasi Public Relations. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan strategi Public Relations di era new normal:

Audit your communication, baik internal maupun eksternal

Don’t hide bad news in time of crisis, jangan tutupi fakta, bagikan informasi kondisi perusahaan dengan cara yang tepat

Make it visual, saat ini orang lebih menyukai visual yang menarik, salah satunya melalui video

Keep active, praktisi PR penting untuk menjaga komunikasi, update secara berkala dan teratur kepada stakeholders perusahaan

Fight virus with virus, praktisi PR bisa menggunakan influencer yang disesuaikan dengan kebutuhan channel yang akan digunakan sebagai medium komunikasi dengan audiens

Help others to help you, jadilah praktisi PR yang relevan dengan keadaan dan membantu mereka yang membutuhkan, juga akan membantu organisasi dan perusahaan

Follow the government policy, patuhi dan jalani apa yang memang menjadi aturan untuk kebaikan bersama.

Sesi kemudian ditutup dengan penyampaian informasi dari Innovesia tentang program Innovesia Webinar Series II selanjutnya yang akan diadakan pada tanggal 25 Juli 2020 dengan topik Empathy Research for Innovation Development yang akan dibawakan oleh Ervina Dian Erawati, Director BOI Research for Innovation Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • All Post
  • Design Thinking
  • Edukasi
  • Eksklusif
  • Gaya Hidup
  • Innovation
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Open Innovation
  • Otomotif
  • Pemerintahan
  • Pertambangan
  • Teknologi
  • Uncategorized
  • Workshop

Investing in Innovation

Everyone can innovate, including you. We help people and organizations to innovate in the era of Industrial Revolution 4.0

building

Design Thinking

Newsletter

About Us

PT Investasi Inovasi Indonesia

innovesia.co.id

designthinking.id

Business Address:

Equity Tower, 35th Floor, SCBD Lot 9

Jl. Jendral Sudirman, Kav 52-53, Jakarta 12910

P: +62 21 2939 8903