10 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Menjalankan Webinar yang Sukses

address

from this source

Sebuah webinar telah menjadi salah satu cara terbaik untuk mencapai audiens dan pasar yang lebih luas, terutama dalam pandemi COVID-19 di mana jarak sosial menjadi hal yang umum. Sebagian besar angkatan kerja sedang mengubah cara mereka bekerja secara online. Perusahaan terpaksa mengubah dan menyesuaikan strategi bisnis dan rencana pemasaran mereka dengan waktu yang singkat. Di tengah ketidakpastian dalam cara kita bekerja dan berinteraksi, manfaat dari webinar dapat menyajikan peluang baru. Webinar dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan aliran pendapatan baru atau mencapai lebih banyak calon pelanggan.

Webinar (kombinasi kata “web” dan “seminar”) adalah workshop, ceramah, atau presentasi yang diadakan melalui media online. Seringkali berkaitan dengan bisnis, sesi-sesi ini dapat digunakan untuk berbagi pengetahuan, ide, dan pembaruan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Tujuan webinar juga dapat digunakan untuk membangun dan merawat hubungan, membangun otoritas di sekitar merek, atau mendemonstrasikan produk. Ini juga dapat membantu perusahaan membangun kredibilitas dan kepercayaan di antara audiens dan pelanggan yang sudah ada. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mengoptimalkan webinar Anda dan mencapai audiens yang lebih besar.

Ketahui tujuan Anda
Perusahaan menggunakan webinar untuk berbagai tujuan. Webinar dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru, memanfaatkan kesadaran merek, mendidik audiens dengan informasi berharga, unik, dan menarik, atau melibatkan audiens termasuk klien dan calon klien yang akan menghasilkan prospek baru bagi perusahaan.

Kenali audiens Anda
Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui lebih banyak tentang audiens, termasuk minat, masalah, dan preferensi mereka. Taruh diri Anda pada posisi audiens dan pertanyakan bagaimana kita dapat menggunakan webinar untuk membantu dan memecahkan masalah mereka.

Pilih topik, waktu, dan sumber daya yang tepat
Pertama, pilih topik yang dapat menarik audiens yang besar. Topik yang bagus dapat mengikutsertakan audiens Anda sepanjang webinar. Kedua, rencanakan dan tentukan waktu yang paling sesuai untuk mengadakan webinar. Memilih hari dan waktu yang tepat berperan penting dalam mendapatkan audiens yang lebih banyak. Untuk menentukan waktu terbaik, Anda harus bereksperimen dengan berbagai hari dan waktu, membandingkan tingkat kehadiran peserta, tingkat konversi, dan menjadwalkan waktu Anda sesuai dengan itu. Poin ketiga adalah memilih sumber daya webinar yang Anda nyaman dengan. Pilihan termasuk GoToWebinar, Zoom, Webex, dan sebagainya.

Mendirikan halaman pendaratan informatif
Buat halaman pendaratan yang menyoroti informasi penting tentang webinar Anda. Halaman tersebut harus menciptakan urgensi dengan tombol panggilan tindakan seperti “Pesan Tempat Anda Sekarang”, “Simpan Tempat Anda Sekarang”, “Simpan Tempat Saya”, atau lainnya untuk meyakinkan pengunjung mendaftar. Hindari menambahkan terlalu banyak detail pada halaman pendaratan Anda, dan soroti fitur-fitur penting seperti topik webinar, profil pembicara, tanggal dan waktu, serta manfaat atau poin-poin utama dari webinar Anda.

Promosikan, promosikan, promosikan!
Tergantung pada topik dan pembicara, ada beberapa cara yang berbeda untuk melakukannya. Misalnya, jika webinar Anda cukup umum, iklan online sederhana sudah cukup untuk menarik audiens yang Anda cari. Tetapi jika Anda menggunakan webinar Anda untuk demonstrasi langsung produk terbaru Anda, kampanye melalui email akan menjadi pilihan yang lebih baik. Dalam hal waktu, mulailah sekitar empat minggu sebelum webinar – tidak terlalu jauh dari acara sehingga menjadi tidak relevan, tetapi juga tidak terlalu dekat sehingga orang-orang merasa terlambat.

Dan tidak peduli topiknya, promosikan webinar Anda di media sosial. Pilih hashtag untuk webinar Anda dan promosikan di mana-mana, perbarui gambar banner Anda, posting di berbagai jenis grup namun hindari spam. Anda juga dapat mempromosikan webinar Anda di forum atau komunitas online lainnya. Selain itu, jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat memilih iklan berbayar melalui Google Ads, Facebook Ads, atau Linkedin Ads.

Siapkan tayangan presentasi
Tayangan presentasi memainkan peran penting, karena akan menampilkan informasi penting kepada audiens sebelum webinar dan juga memberikan kesan yang baik melalui desainnya. Anda perlu sebijak mungkin saat membuat tayangan presentasi. Garis besar dasar yang akan Anda butuhkan dalam tayangan presentasi Anda adalah agenda, profil singkat, slide “permasalahan”, slide “cara mengatasi permasalahan”, slide data pendukung, slide saran tindakan selanjutnya, dan solusi yang ditawarkan.

Kirimkan email pengingat kepada audiens
Mengirimkan email pengingat tidak hanya akan mengingatkan peserta Anda tentang tanggal dan waktu webinar tetapi juga akan memperkuat nilai yang Anda bangun dengan mereka saat pendaftaran. Kirimkan pengingat dua minggu dan satu minggu sebelum webinar Anda. Tambahkan nilai pada email Anda dengan menyebutkan manfaat apa yang akan mereka dapatkan setelah menghadiri webinar Anda.

Latih webinar Anda
Selalu merupakan ide yang baik untuk melatih teknis dari webinar dengan menggunakan perangkat lunak yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda tahu cara beralih antara slide dan berbagi layar, cara mematikan atau mengaktifkan suara peserta, cara mengakses pertanyaan atau komentar, dan cara menjalankan jajak pendapat instan. Kenali platform tersebut dan sesuaikan pengaturan default sesuai kebutuhan Anda.

Tangani partisipasi audiens
Elemen penting lain yang layak dipersiapkan adalah bagaimana Anda akan menangani partisipasi audiens. Tergantung pada jumlah peserta, Anda dapat meminta mereka untuk “mengacungkan tangan” jika mereka memiliki pertanyaan, mengetikkan pertanyaan mereka ke dalam kotak komentar, atau menggunakan fitur Q&A terpisah. Pastikan Anda menjelaskan aturan secara eksplisit di awal webinar dan mengingatkan peserta secara berkala untuk menghindari kebingungan. Jika jumlah peserta cukup banyak, Anda mungkin ingin memiliki orang lain yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan dan mengelola peserta, sehingga Anda dapat fokus pada penyampaian webinar.

Hadiri webinar lain
Menghadiri webinar lain dapat menginspirasi ide-ide yang mungkin belum pernah Anda miliki sebelumnya. Temukan beberapa webinar dengan pembawa acara berpengalaman dan perhatikan cara mereka mengorganisirnya. Perhatikan cara mereka berinteraksi dengan audiens, cara mereka menyusun pertanyaan, dan bahkan tata letak halaman pendaratan webinar mereka. Temukan kualitas positif dari mereka yang dapat Anda implementasikan dalam webinar Anda.
Tidak mudah meyakinkan audiens untuk menghadiri webinar Anda. Namun, dengan strategi yang tepat, Anda dapat membangun langkah pertama menuju kesuksesan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • All Post
  • Design Thinking
  • Edukasi
  • Eksklusif
  • Gaya Hidup
  • Innovation
  • Kesehatan
  • Keuangan
  • Open Innovation
  • Otomotif
  • Pemerintahan
  • Pertambangan
  • Teknologi
  • Uncategorized
  • Workshop

Investing in Innovation

Everyone can innovate, including you. We help people and organizations to innovate in the era of Industrial Revolution 4.0

building

Design Thinking

Newsletter

About Us

PT Investasi Inovasi Indonesia

innovesia.co.id

designthinking.id

Business Address:

Equity Tower, 35th Floor, SCBD Lot 9

Jl. Jendral Sudirman, Kav 52-53, Jakarta 12910

P: +62 21 2939 8903