Empati adalah salah satu pola pikir yang harus diterapkan oleh seorang design thinker ketika melakukan penelitian desain atau penelitian pelanggan. Namun, mendapatkan empati terhadap pelanggan target tidaklah mudah.
design thinker
Ada sebuah alat yang disebut Empathy Map. Alat ini membantu kita merasakan setiap situasi dan kondisi yang dialami oleh pelanggan yang menjadi target. Merasakan apa yang mereka rasakan, mendengar apa yang mereka dengar, melihat apa yang mereka lihat, dan memikirkan apa yang mereka pikirkan.
Selain itu, kita juga dapat mencoba alat lain yang disebut experiment card. Alat ini memungkinkan kita menguji banyak skenario untuk mengamati perilaku pelanggan target.
experiment card
Kartu ini akan membantu kita menjawab sejumlah pertanyaan, seperti apa yang akan dilakukan oleh pelanggan target kita ketika menghadapi masalah? Bagaimana perilakunya dalam lingkungan yang terkendali? Apa yang akan dilakukannya dengan sumber daya yang terbatas?