{"id":798,"date":"2023-04-22T18:12:08","date_gmt":"2023-04-22T11:12:08","guid":{"rendered":"https:\/\/designthinking.id\/?p=798"},"modified":"2023-10-18T08:58:05","modified_gmt":"2023-10-18T01:58:05","slug":"beda-product-innovation-dan-process-innovation-apa-untungnya-bagi-bisnis","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/designthinking.id\/edukasi\/beda-product-innovation-dan-process-innovation-apa-untungnya-bagi-bisnis\/","title":{"rendered":"Beda Product Innovation dan Process Innovation, Apa Untungnya Bagi Bisnis?"},"content":{"rendered":"
Meski memiliki banyak kategori berbeda, inovasi merupakan konsep komprehensif yang tidak dapat didefinisikan dengan menggunakan faktor tunggal.\u00a0<\/p>\n
Jika pada artikel sebelumnya Innovesia telah menyajikan 4 jenis inovasi beserta contoh suksesnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas dua kategori inovasi berdasarkan tujuannya, yakni product innovation <\/em>dan proses innovation.<\/em><\/p>\n product innovation <\/em> Product Innovation<\/strong><\/em><\/p>\n Product Innovation<\/strong><\/em> Inovasi produk adalah jenis inovasi yang terkait dengan pengembangan produk baru atau peningkatan produk lama perusahaan. Jenis inovasi ini bisa Ini bisa sesederhana menambahkan fitur baru ke produk atau layanan yang sudah ada atau serumit membuat produk yang sama sekali baru.<\/p>\n Menurut Northeastern University, <\/em>tujuan inovasi produk secara keseluruhan adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen, atau membuat hidup konsumen lebih mudah dengan memecahkan masalah melalui cara yang tidak terduga atau unik.<\/p>\n Northeastern University, <\/em><\/p>\n Inovasi produk umumnya didorong oleh sejumlah faktor, meliputi kemajuan teknologi, kebutuhan pelanggan, desain yang ketinggalan jaman, dan lainnya. Pada tingkat bisnis, inovasi sejenis ini produk dilakukan ketika perusahaan\u00a0 bertujuan memperluas segmen pasar mereka atau mencapai keunggulan kompetitif.<\/p>\n Dengan kata lain, inovasi produk saling menguntungkan, baik bagi bisnis maupun konsumen. Ketika berhasil, produk atau layanan inovatif dapat memenuhi kebutuhan konsumen, yang mendorong penjualan dan pendapatan bagi perusahaan sebagai hasilnya.\u00a0<\/p>\n Apple bisa dibilang sebagai salah satu perusahaan dengan inovasi produk paling terkenal. Mulai dari kontribusinya dalam evolusi komputer pribadi pertama di tahun 70-an, hingga iPhone yang mereka rilis, Apple telah mengubah cara manusia menggunakan perangkat untuk berinteraksi satu sama lain.<\/p>\n Selain mengembangkan produk baru, Apple juga unggul dalam hal menyempurnakan produk yang sudah ada sebelumnya. Hal ini dapat dengan mudah diamati pada karakteristik dan fitur baru yang ditambahkan pada setiap iPhone baru. Apple adalah salah satu pilar inovasi produk yang berkaitan dengan pengembangan produk baru dan teknologi baru. Lihatlah bagaimana Apple memperkenalkan Face Id, lalu notch <\/em>atau poni di bagian atas layar, hingga apa yang kita sebut dengan kamera \u201cboba\u201d. Semua inovasi iPhone telah mengubah industri telepon genggam.<\/p>\n
\nproses innovation.<\/em><\/p>\n
\nProduct Innovation<\/strong><\/p>\n