{"id":783,"date":"2023-04-04T18:00:04","date_gmt":"2023-04-04T11:00:04","guid":{"rendered":"https:\/\/designthinking.id\/?p=783"},"modified":"2023-10-18T09:06:16","modified_gmt":"2023-10-18T02:06:16","slug":"menantang-kompetitor-utama-dengan-disruptive-innovation","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/designthinking.id\/edukasi\/menantang-kompetitor-utama-dengan-disruptive-innovation\/","title":{"rendered":"Menantang Kompetitor Utama dengan Disruptive Innovation\u00a0"},"content":{"rendered":"
Banyak perusahan besar yang mapan dan terkemuka dalam suatu industri cenderung bermain aman dengan hanya terus-menerus melakukan perbaikan, baik terhadap produk atau layanan untuk memperkuat dominasinya di pasar.<\/p>\n
Meski inovasi jenis ini juga ditujukan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan mampu meningkatkan penjualan instan, perusahaan akan menjadi konservatif dan tidak efektif dalam mengeksploitasi terobosan inovasi. Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pendatang untuk \u2018mengganggu\u2019 dominasi mereka melalui apa yang disebut dengan disruptive innovation.<\/em><\/p>\n disruptive innovation.<\/em> Salah satu contoh terkemuka dari disruptive innovation <\/em>yang sukses adalah Netflix. Layanan streaming film itu awalnya menawarkan layanan pengiriman DVD sewaan yang memungkinkan\u00a0 orang menonton film tanpa pergi ke toko video. Dalam hal ini, Netflix mulanya menargetkan pelanggan yang tidak tertarik untuk menonton film yang baru dirilis, sebuah segmen yang kurang penting dari industri film Blockbuster.\u00a0<\/p>\n disruptive innovation <\/em><\/p>\n Ketika streaming muncul pada tahun 2007, Netflix menerapkan teknologi baru ke dalam model bisnisnya dengan beralih ke layanan streaming, <\/em>dan terus beradaptasi seiring perkembangannya. Karena Netflix dapat mengadopsi teknologi baru, layanan streaming <\/em>Amerika itu berhasil mempertahankan keunggulan kompetitif\u00a0 yang menarik dan menaklukkan audiens utama industri Blockbuster sepenuhnya. Dalam kasus toko video Blockbuster, streaming adalah inovasi yang mengganggu yang akhirnya menyebabkan bisnis ditutup.<\/p>\n streaming, <\/em> Mendefinisikan <\/strong>Disruptive Innovation<\/em><\/strong><\/p>\n Mendefinisikan <\/strong> Disruptive innovation <\/em>umumnya dilakukan perusahaan yang lebih kecil atau pendatang baru dengan memasuki pasar kelas bawah menargetkan segmen pasar yang tidak dilirik oleh pemain utama pada suatu industri. Dengan menargetkan segmen yang terabaikan ini, perusahaan kecil tersebut akan berinovasi untuk menghadirkan produk yang lebih cocok dengan mereka dan seringkali dengan harga yang lebih rendah.<\/p>\n Disruptive innovation <\/em><\/p>\n Karena perusahaan mapan dan mapan memiliki segmen pasar yang paling menguntungkannya sendiri. Kemungkinan besar, mereka tidak akan melawan upaya para pendatang untuk mengklaim pangsa pasar yang terabaikan atau yang mereka nilai paling tidak menguntungkan.\u00a0 Alhasil, perusahaan kecil tadi dapat memperoleh pijakan di pasar, mereka kemudian akan meningkatkan penawarannya dan naik ke pasar dengan profitabilitas yang meningkat dan secara bertahap berkembang untuk menarik basis pelanggan kompetitor utama di industri tersebut.<\/p>\n
\nDisruptive innovation <\/em><\/p>\n
\nstreaming <\/em><\/p>\n
\nDisruptive Innovation<\/em><\/strong>
\nDisruptive Innovation<\/em>
\ndisruptive innovation <\/em><\/p>\n