{"id":639,"date":"2023-04-29T16:02:00","date_gmt":"2023-04-29T09:02:00","guid":{"rendered":"https:\/\/designthinking.id\/?p=639"},"modified":"2023-10-18T08:58:04","modified_gmt":"2023-10-18T01:58:04","slug":"mengenal-4-jenis-inovasi-berdampak-pasar","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/designthinking.id\/edukasi\/mengenal-4-jenis-inovasi-berdampak-pasar\/","title":{"rendered":"Mengenal 4 Jenis Inovasi Berdampak Pasar"},"content":{"rendered":"
Tak sedikit orang yang terjebak dalam pemikiran bahwa bisnis tidak memerlukan inovasi. Sementara sebagian dari mereka berpikir inovasi hanya terbatas pada produksi teknologi baru atau peluncuran produk terhebat berikutnya.<\/p>\n
Padahal, inovasi tak cuma soal menciptakan produk dengan kebaruan paling mutakhir. Lebih dari itu, inovasi adalah alat yang ampuh untuk memunculkan ide-ide baru dan memupuknya dengan cara yang dapat menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Inovasi bisa terkait dengan produk, layanan, pasar, alat produksi, teknologi, atau apa pun yang membawa perubahan yang berkelanjutan dan tak tergantikan.<\/p>\n
Dengan menjadi inovatif terutama dalam proses kerja, perusahaan akan mampu menciptakan standar dan mensistematisasikan metode kerja terbaik. Inovasi juga mendorong proses kerja yang lebih efektif. Pada akhirnya, dengan produktivitas yang lebih tinggi, dan manajemen yang lebih efektif, bisnis akan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar.<\/p>\n
Ada banyak jenis inovasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengoptimalkan hasil dengan tujuan yang berbeda. Salah satu cara mengidentifikasi inovasi adalah dengan mengkategorikannya berdasarkan dua sumbu utama, yaitu kebaruan teknologi yang digunakannya, dan dampaknya terhadap pasar. Ini menciptakan matriks inovasi yang menampilkan empat jenis inovasi.\u00a0<\/p>\n
Berikut empat tipe inovasi terkenal yang menjadi konsensus di antara organisasi yang mencari ide, konsep, atau produk inovatif:<\/p>\n
1. <\/strong>Adjacent innovation<\/em><\/strong><\/p>\n 1. <\/strong> Adjacent innovation<\/em> <\/em><\/strong>adalah contoh khas dari ekspansi yang sukses. Bentuk inovasi ini merupakan jenis inovasi yang mengadopsi produk, layanan, atau proses yang telah dikembangkan dan digunakan di tempat lain dan memperkenalkannya dengan cara baru atau ke pasar yang baru.\u00a0<\/p>\n Adjacent innovation<\/em> Karena telah dikembangkan dan telah berhasil digunakan secara bisnis di tempat lain, risiko bentuk inovasi ini relatif rendah. Walau begitu, inovasi tersebut masih dapat mendukung pertumbuhan dan menciptakan perusahaan yang lebih dinamis yang dapat menghadapi pasar yang berkembang dengan lebih baik.<\/p>\n Untuk menjangkau audiens baru, perusahaan bermitra dengan solusi teknologi baru untuk membentuk kembali penawaran yang ada untuk melayani kebutuhan dan harapan pengguna baru. Uber misalnya, perusahaan menggabungkan teknologi geo-location, pembayaran digital, dan analitik data untuk masuk ke pasar baru dan mengubah industri.<\/p>\n
\nAdjacent innovation<\/em><\/strong>
\nAdjacent innovation<\/em><\/p>\n
\n <\/em><\/strong>
\n <\/em><\/p>\n