{"id":447,"date":"2023-05-17T12:48:00","date_gmt":"2023-05-17T05:48:00","guid":{"rendered":"https:\/\/designthinking.id\/?p=447"},"modified":"2023-10-18T08:57:59","modified_gmt":"2023-10-18T01:57:59","slug":"sederet-inovasi-yang-mengantarkan-tiktok-mengalahkan-youtube","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/designthinking.id\/teknologi\/sederet-inovasi-yang-mengantarkan-tiktok-mengalahkan-youtube\/","title":{"rendered":"Sederet Inovasi yang Mengantarkan TikTok Mengalahkan YouTube"},"content":{"rendered":"
We Are Social<\/em> Sementara lebih banyak pengguna yang nyaman berlama-lama menyaksikan video di TikTok, durasi yang pengguna media sosial habiskan untuk berselancar di YouTube setiap bulannya, justru menurun 2 sampai 3 persen atau sekitar 30 menit pada 2022. Laporan yang sama mencatat, rata-rata pengguna YouTube secara global kini hanya menghabiskan 23,1 jam waktu mereka setiap bulannya untuk menyaksikan ragam acara di YouTube. <\/strong>Padahal, jumlah pengguna YouTube tercatat dua kali lipat dari pengguna TikTok.<\/p>\n <\/strong><\/p>\n Tak hanya persaingannya dengan YouTube, TikTok juga berhasil mengalahkan kompetitor media sosial lainnya, termasuk Instagram, Twitter, Facebook dan platform perpesanan WhatsApp. We Are Social <\/em>mencatat, rata-rata setiap orang hanya menghabiskan 12 jam waktunya dalam sebulan untuk bermain Instagram, 19,7 jam untuk Facebook, 17,3 jam untuk WhatsApp dan hanya 5,5 jam untuk Twitter.<\/p>\n We Are Social <\/em><\/p>\n Di Indonesia sendiri, fenomenanya tidak berbeda di mana TikTok tetap menjadi media sosial dengan durasi screentime <\/em>tertinggi. Bagaimana tidak, <\/strong>rata-rata pengguna TikTok di Indonesia menghabiskan 29 jam dari waktu mereka setiap bulannya untuk bermain TikTok.\u00a0<\/p>\n screentime <\/em> Angka ini menunjukkan screentime <\/em>yang dihabiskan pengguna TikTok di Indonesia, 5 jam lebih banyak dari rata-rata dunia. Tak heran jika\u00a0 Indonesia merupakan negara kedua dengan durasi screentime <\/em>TikTok per bulan tertinggi di dunia. Terlampau jauh, Instagram dan YouTube hanya mampu menarik penggunanya masing-masing selama 23,1 jam dan 12 jam dari waktu mereka setiap bulannya.<\/p>\n screentime <\/em> TikTok vs Youtube<\/strong><\/p>\n
\n <\/em><\/p>\n
\n, <\/strong><\/p>\n
\nscreentime <\/em><\/p>\nTikTok vs Youtube<\/strong><\/h3>\n