Bagaimana Pemahaman Pengguna Membantu Bisnis Tetap Unggul<\/strong><\/h3>\nMemahami kebutuhan pengguna memang krusial bagi bisnis. Semakin baik perusahaan memahami penggunanya, maka semakin besar kemungkinan mereka dapat merancang produk atau membangun layanan yang bekerja dengan baik dan paling dibutuhkan oleh konsumen. Pasalnya, wawasan akan kebutuhan pengguna membantu kita mengetahui lebih dekat mengenai konsumen dan keadaan atau faktor yang mengarahkan mereka untuk menggunakan produk atau layanan.<\/p>\n
Dalam hal ini, kebutuhan pengguna yang hendak Unilever penuhi termasuk dalam jenis kebutuhan fungsional. Menurut laman , <\/em>kebutuhan fungsional berfokus pada produk atau layanan yang membantu konsumen dalam mencapai tugas atau fungsi tertentu.<\/p>\n
Tak heran jika MEL\u00c9, merek kecantikan Unilever yang dikembangkan melalui kolaborasi banyak pakar kecantikan termasuk dalam hal mengumpulkan wawasan pengguna, mampu meraih banyak penghargaan. Dalam kurun waktu setahun setelah diluncurkan, MEL\u00c9 menjadi salah satu merek perawatan wajah pendatang baru yang mendapatkan banyak penghargaan.<\/p>\n
Sejak Agustus 2020 sampai Juli 2021, MEL\u00c9 mendapatkan 13 penghargaan dari berbagai media top Amerika Serikat, seperti Elle, Bazaar, Allure, Cosmopolitan dan masih banyak lagi.<\/p>\n
Adapun, cara terbaik untuk memahami kebutuhan pengguna adalah dengan menempatkan diri kita pada posisi mereka atau berempati. Menurut perusahaan konsultasi inovasi di Indonesia, , empati sangat penting untuk pemecahan masalah karena memungkinkan perusahaan untuk mengesampingkan asumsi dan mendapatkan wawasan nyata tentang pengguna dan kebutuhan mereka.<\/p>\n
Untuk membantu bisnis memahami kebutuhan pengguna mereka, Innovesia telah merumuskan kerangka kerja design thinking <\/em>sebagai salah satu pola pikir atau metode pemecahan masalah berfokus pengguna. Dengan metode design thinking <\/em>9i, Innovesia telah membantu lebih dari 100 perusahaan, pemerintah hingga institusi pendidikan untuk berinovasi dengan memusatkan pengguna sebagai inti atau pusat dari segala tahapan inovasi.<\/p>\n<\/p>\n
Mulai dari merangkum wawasan dari permasalahan yang dihadapi, membangun banyak ide atau solusi untuk permasalahan, hingga mewujudkan solusi tersebut dalam bentuk prototype <\/em>untuk dievaluasi hingga diterjunkan ke pasar, Innovesia membantu bisnis untuk memposisikan pengguna atau target konsumen sebagai pusat dari inovasi mereka.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"
Menggabungkan wawasan dari puluhan dokter kulit dan konsumen, Unilever melalui pusat inovasi Polycultural Centre of Excellence (PCOE) berupaya mengembangkan produk kecantikan yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang belum terlayani yakni mereka yang memiliki kulit gelap atau kaya melanin. Di Amerika Serikat, meskipun jumlah warga berkulit hitam, Hispanik dan Asia mewakili 37,3% dari keseluruhan populasi, sebuah […]<\/p>\n","protected":false},"author":1,"featured_media":1353,"comment_status":"open","ping_status":"open","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":[],"categories":[149],"tags":[31,18,17,158],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1352"}],"collection":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=1352"}],"version-history":[{"count":3,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1352\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":2076,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1352\/revisions\/2076"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/media\/1353"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=1352"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=1352"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=1352"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}