{"id":1332,"date":"2023-07-13T13:05:37","date_gmt":"2023-07-13T06:05:37","guid":{"rendered":"https:\/\/designthinking.id\/?p=1332"},"modified":"2023-10-18T09:14:13","modified_gmt":"2023-10-18T02:14:13","slug":"bukan-dengan-cara-marketing-biasa-loreal-pilih-tingkatkan-brand-value-melalui-kompetisi-inovasi","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/designthinking.id\/gaya-hidup\/bukan-dengan-cara-marketing-biasa-loreal-pilih-tingkatkan-brand-value-melalui-kompetisi-inovasi\/","title":{"rendered":"Bukan dengan Cara Marketing Biasa, L’Or\u00e9al Pilih Tingkatkan Brand Value Melalui Kompetisi Inovasi"},"content":{"rendered":"

Pada era di mana nilai perusahaan atau brand value<\/em> sangat penting, open innovation <\/em>menjadi alat penting bagi perusahaan untuk berinovasi sekaligus meningkatkan atau menyegarkan citra dan reputasi perusahaan. Pasalnya, open innovation <\/em>seperti kompetisi inovasi memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk <\/em>terhubung dan meningkatkan keterlibatan masyarakat. Sekaligus menunjukkan upaya perusahaan dalam mengatasi tantangan sosial.<\/p>\n

brand value<\/em>
\nopen innovation <\/em>
\nopen innovation <\/em>
\n <\/em><\/p>\n

Sadar akan manfaat ini, L\u2019Or\u00e9al yang telah lama mempercayai efektivitas open innovation, <\/em>memutuskan menggelar kompetisi inovasi lintas negara untuk meningkatkan brand value<\/em> perusahaan dalam rangka memperluas jangkauan mereka di pasar kecantikan China, Jepang dan Korea Selatan.<\/p>\n

more information<\/a>
\nopen innovation, <\/em>
\nbrand value<\/em><\/p>\n

Hadir di acara konferensi teknologi tahunan terbesar di Prancis, Viva Technology, L\u2019Or\u00e9al meluncurkan kompetisi inovasi bertajuk Northeast Asia Big Bang Beauty Tech & Innovation Challenge pada 15 Juni 2023. Bahkan, kompetisi inovasi ini didapuk sebagai platform open innovation <\/em>regional pertama, yang berfokus mendorong pengembangan produk kecantikan dan melahirkan beauty experience <\/em>baru di pasar Asia Timur.<\/p>\n

open innovation <\/em>
\nbeauty experience <\/em><\/p>\n

Bukannya bermitra dengan para influencer <\/em>untuk menggaet calon konsumen, L\u2019Or\u00e9al justru memilih berkolaborasi bersama startup <\/em>dan pemerintah untuk menciptakan terobosan baru dalam industri kecantikan yang didorong oleh keunikan tiga negara. Sebelum meluncurkan kompetisi inovasi ini, L\u2019Or\u00e9al telah lebih dulu meluncurkan program inovasi \u201cBig Bang\u201d di China. Melalui kemitraan dengan Oriental Beauty Valley dan Business France, L\u2019Or\u00e9al telah menarik lebih dari 1.500 startup dan menginkubasi lebih dari 50 proyek dalam tiga tahun terakhir.\u00a0<\/p>\n

influencer <\/em>
\nstartup <\/em><\/p>\n

Ekspansi terbaru L\u2019Or\u00e9al ke pasar Korea Selatan dan Jepang menandai tonggak penting bagi jenama kecantikan untuk memanfaatkan dan mengaktifkan ekosistem inovasi unik \u201cC-J-K Beauty Triangle\u201d melalui kolaborasi lintas pasar dan lintas sektor. Semuanya untuk melahirkan terobosan terbaru dalam industri kecantikan. Didorong oleh pusat penelitian dan inovasinya di Shanghai, Tokyo, dan Seoul, L\u2019Or\u00e9al berupaya memanfaatkan kekuatan unik dan sinergi pasar ketiga negara untuk berinovasi di seluruh rantai bisnis.<\/p>\n

\"\"
Barbara Lavernos, Deputy CEO L\u2019Or\u00e9al Group, yang bertanggung jawab atas Riset, Inovasi, dan Teknologi.<\/figcaption><\/figure>\n

\"\"

Barbara Lavernos, Deputy CEO L\u2019Or\u00e9al Group, yang bertanggung jawab atas Riset, Inovasi, dan Teknologi.<\/figcaption>

\u201cDi L\u2019Or\u00e9al, kami merangkul dan memelihara inovasi, dan percaya pada open innovation<\/em> melalui kemitraan. Oleh karena itu, kami bekerja dengan startup<\/em> inovatif, usaha kecil dan menengah, institusi pendidikan serta pemerintah untuk menginspirasi dan terinspirasi. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan startup<\/em> dari China, Korea, dan Jepang melalui program Big Bang, dan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dari Asia Utara secara global,\u201d ujar Barbara Lavernos, Deputy CEO L\u2019Or\u00e9al Group, yang bertanggung jawab atas Riset, Inovasi, dan Teknologi.<\/p>\n

open innovation<\/em>
\nstartup<\/em>
\nstartup<\/em><\/p>\n

Di Korea Selatan, L\u2019Or\u00e9al bermitra dengan kementerian yang menaungi usaha kecil menengah (UKM) dan startup <\/em>dalam rangka mendorong pertumbuhan startup <\/em>yang menjanjikan di bidang perangkat kecantikan, teknologi kecantikan, diagnosis kulit, hingga sistem pengiriman yang menerapkan teknologi digital dan kecerdasan buatan. Selagi memanfaatkan kekuatan unik ekosistem kecantikan Korea Selatan yang memang terkenal akan industri kecantikannya.<\/p>\n

startup <\/em>
\nstartup <\/em><\/p>\n

\"\"
Lee Young, Menteri UKM dan Startup Korea. (Sumber: Kementerian UKM dan Startup Korea)<\/figcaption><\/figure>\n

\"\"

Lee Young, Menteri UKM dan Startup Korea. (Sumber: Kementerian UKM dan Startup Korea)<\/figcaption>

\u201cMendukung UKM dan startup Korea yang menjanjikan untuk berperan aktif di pasar global adalah misi besar bagi kami di Kementerian UKM dan Startup. Dalam hal ini, kolaborasi dengan pemimpin kecantikan global, L\u2019Or\u00e9al Group sangat berarti. Kementerian akan terus mendukung perusahaan Korea dengan teknologi inovatif untuk berkolaborasi dengan perusahaan global untuk memperkuat daya saing pasar mereka dan memperluas ke pasar global,\u201d ujar Lee Young, Menteri UKM dan Startup Korea.<\/p>\n

Sementara di Jepang, kompetisi inovasi Northeast Asia Big Bang Beauty Tech & Innovation Challenge akan berfokus pada upaya menciptakan solusi yang berkelanjutan dan bioteknologi. Untuk mencapai ini, L\u2019Or\u00e9al menjalin kemitraan dengan J-Startup dan Hello Tomorrow untuk mendukung startup Jepang dan kolaborator lintas industri untuk membuka peluang inovasi dan pengembangan bersama.\u00a0<\/p>\n

Sebagai informasi, J-Startup merupakan program pemerintah Jepang yang dijalankan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang atau Minister of Economy, Trade and Industry of Japan (METI) bersama Japan External Trade Organization (JETRO) untuk membantu pertumbuhan startup<\/em> di Jepang.<\/p>\n

startup<\/em><\/p>\n

\u201cPemerintah Jepang meningkatkan ekosistem startup<\/em> untuk mewujudkan manfaat sosial dan pertumbuhan ekonomi dan J-Startup adalah program andalannya. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan L\u2019Or\u00e9al dalam program Big Bang akan membuat J-Startup lebih global dan berkontribusi untuk dunia yang lebih baik,\u201d ujar Yoshiaki Ishii, Direktur Startup<\/em> dan Promosi Bisnis Baru di METI.<\/p>\n

startup<\/em>
\nStartup<\/em><\/p>\n

\u201cAsia Utara adalah pasar kecantikan paling dinamis di dunia dengan sepertiga dari pasar kecantikan global dan lima pasar yang terhubung secara geografis dan budaya. Memanfaatkan ekosistem inovasi di tiga negara yang unik dan keahlian penelitian dan inovasi kami yang kuat di China, Korea, dan Jepang, kami yakin program Big Bang di wilayah ini akan melepaskan kekuatan co-creation <\/em>melalui open innovation<\/em> untuk melahirkan solusi kecantikan yang disruptif bersama smartup<\/em> dan mitra di seluruh China, Korea, dan Jepang. Mari menginspirasi dunia dengan inovasi dari Asia Utara, untuk menciptakan keindahan yang menggerakkan dunia,\u201d jelas Fabrice Megarbane, presiden zona Asia Utara dan CEO L\u2019Or\u00e9al China.<\/p>\n

co-creation <\/em>
\nopen innovation<\/em>
\nsmartup<\/em><\/p>\n

Sebagai salah satu perusahaan kecantikan terbesar di dunia, L\u2019Or\u00e9al Groupe sadar betul pentingnya kolaborasi melalui open innovation <\/em>dalam bisnis mereka. Melalui open innovation <\/em>dan kemitraan bersama startup, <\/em>L\u2019Or\u00e9al terus berupaya menciptakan model bisnis dan teknologi baru untuk meningkatkan beauty experience <\/em>konsumen.<\/p>\n

open innovation <\/em>
\nopen innovation <\/em>
\nstartup, <\/em>
\nbeauty experience <\/em><\/p>\n

\u201cKolaborasi dan kemitraan adalah kunci untuk berinovasi lebih baik, lebih cepat, dan untuk menawarkan pengalaman dan layanan kecantikan terbaik kepada pelanggan kami. Bersama-sama kita membentuk masa depan industri kecantikan, dalam kemitraan yang saling membangun,\u201d ujar Asmita Dubey, Direktur Digital & Pemasaran L\u2019Or\u00e9al Groupe.<\/p>\n

Bagaimana <\/strong>Open Innovation<\/em><\/strong> Mampu Meningkatkan Citra Perusahaan?<\/strong><\/p>\n

Bagaimana <\/strong>
\nOpen Innovation<\/em><\/strong>
\nOpen Innovation<\/em>
\n Mampu Meningkatkan Citra Perusahaan?<\/strong><\/p>\n

Tak bisa dipungkiri, kompetisi inovasi seperti yang dijalankan L\u2019Or\u00e9al tak hanya membantu perusahaan mengembangkan produk atau layanan baru tapi juga meningkatkan eksposur di masyarakat.\u00a0<\/p>\n

Melalui Northeast Asia Big Bang Beauty Tech & Innovation Challenge, L\u2019Or\u00e9al tak hanya menunjukkan dirinya sebagai inovator tapi juga memperlihatkan keseriusan perusahaan kecantikan itu beralih ke model bisnis yang sesuai dengan prinsip sustainability. <\/em>Kondisi ini terlihat dari bagaimana perusahaan berkolaborasi dengan pihak-pihak eksternal untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan dan memanfaatkan bioteknologi yang lebih ramah lingkungan untuk lini produk kecantikan mereka.<\/p>\n

sustainability. <\/em>
\nThe Truths, Myths and Nuances Behind Purpose<\/em><\/p>\n

\u201cDengan semakin banyak konsumen yang peduli akan brand value, open innovation <\/em>membuka peluang bagi perusahaan untuk memperkenalkan nilai mereka kepada masyarakat, selagi menciptakan solusi atau inovasi yang membawa perusahaan untuk memperkuat nilai atau value <\/em>tersebut. Dengan kata lain, open innovation <\/em>membantu perusahaan memperlihatkan seberapa besar komitmen mereka kepada khalayak luas,\u201d ujar Fiter Bagus, Direktur Innovesia, perusahaan konsultasi yang berfokus pada inovasi bisnis.<\/p>\n

brand value, open innovation <\/em>
\nvalue <\/em>
\nopen innovation <\/em><\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"

Pada era di mana nilai perusahaan atau brand value sangat penting, open innovation menjadi alat penting bagi perusahaan untuk berinovasi sekaligus meningkatkan atau menyegarkan citra dan reputasi perusahaan. Pasalnya, open innovation seperti kompetisi inovasi memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk terhubung dan meningkatkan keterlibatan masyarakat. Sekaligus menunjukkan upaya perusahaan dalam mengatasi tantangan sosial. brand value […]<\/p>\n","protected":false},"author":1,"featured_media":1333,"comment_status":"open","ping_status":"open","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":[],"categories":[149],"tags":[19,163,17],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1332"}],"collection":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=1332"}],"version-history":[{"count":5,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1332\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":2226,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/1332\/revisions\/2226"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/media\/1333"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=1332"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=1332"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/designthinking.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=1332"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}